Thursday, July 9, 2009

PROFIL KPKS ST. PAULUS


LATAR BELAKANG

Kursus Pendidikan Kitab Suci (KPKS) St. Paulus didirikan untuk menanggapi kebutuhan konkret di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dalam bidang Kitab Suci. Gambaran kebutuhan tersebut misalnya:

  • Di KAJ minat untuk mendalami Kitab Suci semakin tumbuh subur, baik di paroki maupun kelompok kategorial. Tenaga-tenaga yang mampu mendampingi dan memandu pertemuan pendalaman Kitab Suci sangat dibutuhkan.
  • Dalam pertemuan doa di lingkungan, salah satu acara penting adalah pembacaan Kitab Suci, yang disusul dengan renungan. Renungan ini tidak jarang dibawakan oleh “relawan” yang mau, namun kurang mempunyai pemahaman Kitab Suci yang memadai.
  • Dalam masa-masa khusus seperti Bulan Kitab Suci Nasional, Masa Prapaskah, dan Masa Adven dibutuhkan kehadiran seorang pemandu Kitab Suci yang dapat mengarahkan pertemuan pendalaman Kitab Suci menjadi perjumpaan iman dengan Tuhan.
  • Menghadapi berbagai sikap agresif dari berbagai kelompok yang membaca Kitab Suci secara fundamentalis, umat perlu diberi pendampingan dan bimbingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan.


TUJUAN

KPKS St. Paulus bertujuan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan spiritualitas Kitab Suci kepada para peserta kursus, sehingga mereka mampu ikut menjawab kebutuhan Gereja sehubungan dengan pewartaan sabda Tuhan. KPKS St. Paulus juga mempersiapkan tenaga-tenaga yang dapat mendampingi umat, baik dalam pertemuan doa, ibadat, serta pendalaman Kitab Suci di lingkungan, maupun dalam kelompok pendalaman Kitab Suci.


PENDIDIKAN

  • Sistem

Pelaksanaan pendidikan dilakukan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Dalam SKS ini beban studi peserta kursus, beban kerja pengajar, dan beban penyelenggaraan pendidikan dinyatakan dengan satuan yang dinamakan “kredit”. Tiap semester peserta wajib mengikuti sejumlah kursus tertentu yang menghasilkan sejumlah kredit.

  • Lama Pendidikan

3 tahun, yang terbagi dalam 6 semester dan secara keseluruhan terdiri dari 36 SKS.

  • Tenaga Pengajar

Para pengajar berasal dari Lembaga Biblika Indonesia, Komisi Kerasulan Kitab Suci KAJ, Pembaruan Karismatik Katolik, dosen-dosen Program Studi Kateketik Atmajaya, serta mereka yang biasa berkarya dalam pengajaran Kitab Suci.

  • Sertifikat Kelulusan

Sertifikat kelulusan diberikan dalam upacara wisuda kepada peserta kursus yang telah menyelesaikan kursus tiga tahun ini dan dinyatakan lulus.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment